Ciri Dan Gejala Kanker Payudara

     Secara umum tumor (benjolan) adalah penyakit pertumbuhan sel yang berlebihan. ada dua jenis tumor, yaitu tumor jinak dan tumor ganas (kanker). Tumor jinak mempunyai ciri pertumbuhan yang lambat, tidak menyebar, permukaan rata, dan mudah digerakkan. Sedang tumor ganas (kanker) mempunyai ciri pertumbuhan cepat, menyebar, tidak mudah digerakkan dan permukaan tidak rata. Kanker payudara merupakan pertumbuhan tidak terkendali sel di payudara yang bisa berasal dari sel jaringan lemak, sel kelenjar susu maupun sel saluran susu.

Gejala-gejala Kanker Payudara

     Pada tahap awal, biasanya tidak merasakan sakit atau tidak ada tanda-tandanya sama sekali. Namun, ketika tumor semakin membesar, akan muncul gejala – gejala :

a. Benjolan yang tidak hilang atau permanen, biasanya tidak sakit dan terasa keras bila disentuh atau penebalan pada kulit payudara atau di sekitar ketiak.

b. Perubahan ukuran atau bentuk payudara.
Kerutan pada kulit payudara.
Keluarnya cairan dari payudara, umumnya berupa darah atau nanah.

   Pembengkakan atau adanya tarikan pada puting susu

Faktor risiko terkena kanker payudara.

    Faktor yang tidak dapat diubah antara lain, bertambah usia, riwayat keluarga terkenakenker payudara, menstruasi awal (sebelum 12 tahun), menopause terlambat (sesudah 50 tahun), tidak mempunyai anak, atau mempunyai anak setelah 30 tahun, dan genetik. Selain itu ada faktor yang dapat diubah seperti terapi hormonal, Kontrasepsi Pil KB, tidak menyusui, minum alkohol,kurang olahraga, dan kelebihan berat badan (terutama setelah masa menopause).

Pencegahan dan deteksi dini

   Kanker payudara menduduki urutan kedua setelah kanker leher rahim. Kebanyakan orang datang berobat ke rumah sakit sudah dalam kondisi kanker stadium lanjut. Untuk itu upaya pencegahan dan deteksi dini sangat penting sekali. Untuk mencegah kanker payudara maka yang dapat dilakukan adalah menghindari factor resiko, yaitu dengan hindari melakukan terapi penggantian hormon untuk jangka panjang, segera menikah (agar bisa segera mempunyai anak dan menyusui), menghindari kelebihan berat badan dengan melakukan olahraga dan diet yang tepat, hindari alkohol.
Untuk mendeteksi kanker payudara secara dini, maka sebaiknya kaum perempuan melakukan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri) mengamati, meraba dan merasakan ada atau tidak perubahan di payudara. Jika terdapat suatu kelainan sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Selain itu melakukan mamografi rutin ketika usia sudah lebih dari 40 tahun.

Pengobatan

   Secara medis jika seseorang terkena kanker payudara maka biasanya dokter akan melakukan terapi berupa operasi, penyinaran (radioterapi) dan atau kemoterapi (disuntik zat kimia untuk membunuh kanker), biasanya kemoterapi ini mempunyai efek samping seperti kerontokan rambut, rasa mual, dan lain-lain.

Pengobatan dengan herbal (ramuan)

   Untuk mengobati penyakit kanker payudara secara islami, maka ada beberapa hal yang perlu dijalankan, antara lain :

1. Yakinlah bahwa Allah SWT adalah penyembuh, dan setiap penyakit bisa disembuhkan atas izin Allah.

2. Lakukan introspeksi dan kemudian mohon ampun kepada Allah SWT.

3. Jika penderita memungkinkan untuk berpuasa, maka lakukanlah puasa sunah.

4. Rutinkan sholat malam, karena dengan sholat malam dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Konsumsi herbal yang meningkatan daya tahan tubuh dan bersifat anti kanker, antara lain mahkota dewa, temu mangga, tapak dara, ki tolod, habbatussauda, mengkudu dan benalu teh.

untuk lebih jelasnya, sebaiknya anda berkonsutasi secara langsung dengan dokter klinik sehat.

Demikian semoga bermanfaat.



Disunting dari: http://www.eramuslim.com/

1 comment:

  1. Jika anda butuh nomor togel 100% di jamin tembus silahkan hub.AKI SAJIWO di nmr hp beliau.085-322-061-788 terimah kasih

    ReplyDelete

Banned racist comments.