Jenis dan Khasiat Buah Kurma


Kurma merupakan salah satu makanan yang paling dicari selama bulan puasa baik untuk berbuka puasa maupun sahur, kurma memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesihatan tubuh kita selama berpuasa. Selain rasanya yang manis dan tahan lama serta tidak perlu dimasak, kurma juga mempunyai khasiat yang banyak dan menjadi makanan utama Baginda Rasulullah Sallallahu alaihi Wasallam.
Kurma mampu menguatkan sel-sel usus, menurunkan tekanan darah dan memberi kekuatan tambahan dalam mencegah stroke secara langsung kerana ia memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi. Kurma mengandung berbagai vitamin penting, seperti vitamin A, tiamin, riboflavin, niasin, dan kalium dalam jumlah cukup banyak. Selain itu, buah ini memuat berbagai zat gizi lainnya, yaitu zat besi, vitamin B1, dan asam nikotinat yang berfungsi membantu melepaskan energi, menjaga kulit, dan saraf agar tetap sehat dan penting untuk jantung.

Terdapat tidak kurang 1,400 jenis kurma di seluruh dunia, Di Arab Saudi sahaja ada sekitar 400 jenis, belum lagi di Mesir, Iraq, Iran, Tunisia, Pakistan dan California dan tempat lainnya. Antaranya;
Kurma Ajwa, Kurma Anbar, Kurma Aseela, Kurma Burhi, Kurma Dakheni, Kurma Deglet Noor, Kurma Deglet Ubend, Kurma Fankha, Gattara, Kurma Hilali, Kurma Khalas, Kurma Khodry, Kurma Majdoul, Kurma Maktoomi, Kurma Meneifi, Kurma nabtat ali, kurma nobouth saif, kurma nobouth sultan, kurma rushodia, ruthana, ruseiz, safawi, segae, shagra, sheishe, shibibi, sukkari, sullaj, wannana dan kurma al barakah.
Berikut adalah kurma yang terpilih, terbaik dan terkenal serta diminati oleh para penggemar kurma. Anda boleh mencubanya sepanjang puasa Ramadhan sebagai menu wajib berbuka puasa.
.
Kurma Ajwa (Kurma Nabi):
Kurma Ajwa merupakan yang paling dikaguminya dan merupakan kurma kegemaran Nabi Muhammad SAW. Hanya tumbuh di tanah Madinah (Saudi Arabia), warna hitam, tekstur lembut, tidak manis dan cita rasanya mirip kismis.
Kurma Sekki :
Ada dua warna, atas kekuning-kuningan sedang bawah kecoklatan, bagian yang kuning lebih keras, yang cokelat lebih empuk serta kenyal, rasanya manis sedang.
Kurma Barhi :
Warna coklat cerah, manis sedang, tekstur lembut seperti durian, ada sedikit rasa caramel
Kurma Kholas :
Warna cokelat terang keemasan mirip kurma barhi, hanya saja ada citarasa coffee caramel, tekstur empuk rasa manis sedang.
Kurma Khidri :
Warna maron gelap lebih kering, kenyal, tidak terlalu manis paling banyak diproduksi, biasa digunakan bahan dasar olahan kurma, mulai dari kurma isi almond, orange, hingga campuran cokelat.
Kurma Mactoumi :
Warna sedikit hitam kemerahan , permukaan agak keriput, kenyal, rasa manis,
Kurma Sokari :
Tekstur kenyal lembut tapi ada juga jenis yang keras, paling disukai di Arab Saudi, sedikit kering dan manis.
Kurma Silaj :
Warna cokelat kemerahan bentuk lonjong, tekstur lembut rasa manis sedang
Kurma Majol :
Warna cokelat sangat manis lembut dan kenyal
Kurma Monief :
Warna cokelat terang, tidak begitu besar, manis sedang dan tekstur lembut.
Kurma Noor :
Warna tengahnya bersinar kemasan jika dihadapkan pada sinar matahari. Rasanya tidak terlalu manis.
Kurma Amir Hajj :
Tekstur tebal dan empuk. Dikenali juga sebagai ‘kurma tetamu’ kerana ia biasa dihidangkan.
Kurma Halawy :
Warna cokelat terang. Rasanya sangat manis, lembut dan berukuran kecil sederhana.
Kurma Khastawi :
Tekstur berlendir seperti sirap dan empuk. Biasa dijadikan hidangan penutup.
Kurma Khadrawy :
Tekstur lembut, rasanya manis, dan bewarna sangat gelap. Digemari di negara-negara Arab.
Kurma Zahdi :
Warna cokelat muda kemasan bentuk lonjong, tekstur sederhana dan banyak digunakan dalam masakan.




Khasiat Buah Kurma
  • Kaya dengan sumber zat besi, potassium, magnesium, sulfur, kalsium selain pelabgai vitamin termasuk asid folik. Baik bagi wanita mengandung.
  • Kandungan tinggi magnesium dalam kurma boleh mencegah barah. Amat jarang didengari puak Badwi diserang barah kerana bergantung kepada kurma sebagai makanan utama mereka.
  • Satu kilo kurma memberikan 3,470 kalori kepada tubuh sebaik memakannya. Tenaga itu memuaskan selera makan, yang amat penting ketika berpuasa.
  • Memakan kurma juga boleh memudahkan wanita bersalin
  • Vitamin A kurma dapat memperbaiki penglihatan pada waktu malam, kekeringan mata dan penyakit mata.
  • Kurma juga penawar yang baik kepada masalah pening, sakit kepala. Disebabkan ia juga mengandungi zat besi dan kalsium, kurma juga penting untuk pembentukan tulang, gigi dan tisu otak.

2 comments:

Banned racist comments.