Ngabuburit!


Tidak asing kan dengan kata ngabuburit? Kegiatan yang dilakukan untuk menunggu saat berbuka puasa. Apa yang biasa dilakukan? Umumnya sih pada jalan-jalan nyari makanan untuk berbuka puasa, ya g? Terus buka puasa bareng sama temen-temen, betul? Klo salah ya maaf deh dah sok tau.. hehehe…
ngabuburit yang jalan-jalan sampai magrib tiba, diterusin buka puasa bareng eh lupa deh sholat magrib, masih lanjut ngobrol-ngobrol g ikut juga tarawih di masjid. Ya mungkin benar memang ada sebagian orang yang demikian, tapi jangan sampai kita salah satunya. Karena jika sengaja meninggalkan shalat sama saja telah kafir.
“Perjanjian antara kami dan mereka (orang kafir) adalah sholat, karenanya barangsiapa yang meninggalkannya maka sungguh dia telah kafir” (HR. At Tirmidzi [2621], An Nasa’i [1/231-232], Ibnu Majah [1079], Ahmad [V/346 dan 355], Ibnu Hibban [1454], dan Al Hakim [1/7])
Dulu sih pernah beberapa kali gara-gara ada acara macam gituan jadi ndak tarawih di masjid. Nyari bukaan puasa bareng, terus lanjut buka bareng, alhamdulillah masih sholat magrib bareng… karena entah gimana caranya pokoknya makan mepet magrib nyari tempat makan yang ada mushola atau dekat ma masjid.
Bagus sih buka bareng, mengikat tali silaturahim (bukan ‘rahmi’, artinya rahmi itu rasa sakit di perut saat melahirkan) tapi jangan sampai juga melupakan sholat yang dah jadi kewajiban kita sebagai umat muslim. Apalagi untuk laki-laki kan diwajibkan sholat wajib di masjid… hehehe…
Ada sedikit tips kalau mau ngabuburit yang macam jalan2/ buber gitu
1. Cari tempat makan yang ada musholanya, atau dekat dengan masjid sehingga setelah buka langsung bisa sholat magrib
2. Jangan lupa bawa mukena (buat yang akhwat)
3. Jangan terlalu asik ngobrol sampai lupa waktu
4. Tidak perlu ngikut temen yang g mau sholat
Yang paling penting jangan meninggalkan sholat wajib 5 waktu!

1 comment:

Banned racist comments.