Tips Mengatasi Maag Saat Puasa


Lambung setiap saat mengolah makanan dan bekerja baik ketika kita sedang beraktivitas maupun tidur. Namun, ketika tidur lambung akan bekerja lebih santai dan rileks. Akan tetapi, ancaman akan terganggunya kerja lambung sering terjadi salah satunya adalah maag.
Maag merupakan masalah pencernaan yang sangat menyiksa. Ketika bulan ramadhan atau puasa tiba, tentunya hal ini akan menjadi suatu ujian dan latihan bagi kinerja lambung. Puasa dalam 1 hari membuat lambung terasa lemah dan gangguan-gangguan pun mulai berdatangan, seperti rasa lapar, nyeri perut karena perut kosong. Namun, sebenarnya puasa dapat dijadikan suatu pembelajaran untuk mendisiplikan pola makan dan asupan makanan dari jenis makan junk food yang dapat menimbulkan penyakit.

Ketika berpuasa, lambung dalam keadaan kosong biasanya produksi asam lambung akan meningkat, tak heran bila penderita maag sering mengeluhkan rasa sakit dan rasa terbakar di perut.

Dalam keadaan normal, asam lambung berfungsi sebagai media untuk memecah dan menghaluskan makanan untuk diambil dan diserap sari pati makanan oleh tubuh. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi maag sakit berpuasa, yakni :

1. Segeralah berbuka, jika waktu buka puasa telah datang. Mulailah dengan makan dan minum yang manis agar lambung terbuka dan menjadi energi baru bagi tubuh. Usahakan untuk mulai minum teh manis hangat agar lambung berfungsi normal.

2. Ketika berbuka puasa, hindari makanan yang bersifat pedas dan asam seperti asinan buah yang merupakan sajian menu buka puasa yang banyak di santap orang.

3. Cobalah untuk makan-makanan yang bersifat manis seperti kolak pisang, kolak ubi dsb.

4. Konsumsi buah segar untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh

5. Jangan langsung konsumsi makanan berat, karena hanya akan memberatkan kerja lambung dalam mencerna makanan.

6. Banyak konsumsi air putih untuk menetralkan dan menurunkan asam lambung selama puasa.

7. Bila perlu setelah berbuka puasa, konsumsi obat maag yang aman untuk membantu meringankan gejala-gejala sakit maag yang terjadi ketika puasa.



Disunting dari:http://tipsmengatasimaag.blogspot.com

0 comments:

Banned racist comments.